News Highlights

Your Ad Here

Interaksi Sosial

Posted by Maulana Jodi Prayogo 2009-05-27

Interaksi Sosial adalah suatu proses hubungan timbal balik yang dilakukan oleh individu dengan individu, antara indivu dengan kelompok, antara kelompok dengan individu, antara kelompok dengan kelompok dalam kehidupan sosial.

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia Interaksi didefinisikan sebagai hal saling melakukan aksi, berhubungan atau saling mempengaruhi. Dengan demikian interaksi adalah hubungan timbal balik (sosial) berupa aksi saling mempengaruhi antara individu dengan individu, antara individu dan kelompok dan antara kelompok dengan kelompok.

Interaksi Sosial dapat diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang mana menyangkut hubungan antar individu , individu dan kelompok atau antar kelompok. Menurut Charles P. Loomis sebuah hubungan bisa disebut interaksi jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
• jumlah pelakunya dua orang atau lebih
• adanya komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbol atau lambang-lambang
• adanya suatu dimensi waktu yang meliputi ,masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang .
• adanya tujuan yang hendak dicapai.
Interaksi sosial tidak akan terjadi bila tidak memenuhi 2 syarat, yaitu:
• adanya kontak sosial
Kata kontak dalam bahasa inggrisnya “contact”, dari bahasa lain “con” atau “cum” yang artinya bersama-sama dan “tangere” yang artinya menyentuh . Jadi kontak berarti sama-sama menyentuh. Kontak sosial ini tidak selalu melalui interaksi atau hubungan fisik, karena orang dapat melakuan kontak sosial tidak dengan menyentuh, misalnya menggunakan HP, telepon dsb.
Kontak sosial memiliki memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
o Kontak sosial bisa bersifat positif dan bisa negative. Jika kontak sosial mengarah pada kerjasama berarti positif, kalau mengarah pada suatu pertentangan atau konflik berarti negative.
o Kontak sosial dapat bersifat primer dan bersifat skunder. Kontak sosial primer terjadi apabila peserta interaksi bertemu muka secara langsung. Misalnya kontak antara guru dengan murid dsb. Jika kontak sosial skunder terjadi apabila interaksi berlangsung melalui perantara. Misal percakapan melalui telepon, HP dsb.

• adanya komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak kepihak yang lain dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Ada lima unsur pokok dalam komunikasi, yaitu:
o komunikator yaitu orang yang menyampaikan informasi atau pesan atau perasaan atau pemikiran pada pihak lain.
o Komunikan yaitu orang atau sekelompok orang yang dikirimi pesan, pikiran, informasi.
o Pesan yaitu sesuatu yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.
o Media yaitu alat untuk menyampaiakn pesan
o Efek/feed back yaitu tanggapan atau perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapat pesan dari komunikator.

Ada tiga tahapan penting dalam komunikasi
o Encoding . Pada tahap ini gagasan atau program yang akan dikomunikasikan diwujudkan dalam kalimat atau gambar . dalam tahap ini komunikator harus memilih kata atau istilah, kalimat dan gambar yang mudah dipahami oleh komunikan. Komunikator harus menghindari penggunaan kode-kode yang membingungkan komunikan.
o Penyampaian. Pada tahap ini istilah atau gagasan yang telah diwujudkan dalam bentuk kalimat dan gambar disampaikan . Penyampaian dapat berupa lisan dan dapat berupa tulisan atau gabungan dari keduanya.
o Decoding Pada tahap ini dilakukan proses mencerna dan memahami kalimat serta gambar yang diterima menurut pengalaman yang dimiliki.

0 Responses to Interaksi Sosial

Post a Comment

Followers